STAIAS 1
STAIAS 2
STAIAS 3
STAIAS_5
11032012003
MILAD 1
MILAD 13
MILAD 15
gedung stai 1
logo stai ashd baru 2
Print

Manajemen Pendidikan

Posted in Artikel

Mengetahui Pentingnya Manajemen Pendidikan

 

Manajemen pendidikan merupakan hal yang harus diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan, sehingga menghasilkan keluaran yang diinginkan. Kenyataannya, banyak institusipendidikan yang belum memiliki manajemen yang bagus dalam pengelolaan pendidikannya.

 

Pendidikan yang visioner, memiliki misi yang jelas akan menghasilkan keluaran yang berkualitas. Dari sanalah pentingnya manajemen pendidikan diterapkan.

Manajemen pendidikan pula merupakan suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan p asarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium , dsb .

untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan. Dengan cara mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

 

Print

Sekolah Tinggi Agama Islam

Posted in Artikel

POTRET PENELITIAN DI STAI: HARAPAN DAN KENYATAAN

Ada pertanyaan filosofis untuk mengkritisi keberadaan perguruan tinggi agama Islam dewasa ini. Apa sebetulnya tujuan didirikannya STAI, apakah hanya sekedar menampung mahasiswa atau hanya sekedar memberi pekerjaan pada dosen. Jawaban ini bisa kita peroleh melalui PP no 60 tahun 1999 bab II pasal 2 bahwa Perguruan Tinggi amatlah strategis setidaknya hal ini sebagaimana terefleksi dalam esensi tujuan pendidikan tinggi pertama, menyiapkan peserta didik agar menjadi anggota anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperkaya ilmu pengetahuan dan kesenian. Kedua, Mengembangkan dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan Nasional.

Tujuan sebagaimana tersebut di atas, sesuai dengan sasaran sebagaimana yang akan dicapai oleh STAI, antara lain: pertama,menghasilkan lulusan yang bermutu, berguna bagi masyarakat di bidang ilmu agama Islam, dan kedua mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama dan kebudayaan Islam demi kemaslahatan masyarakat.

Kalau dilihat dari sini, maka dalam konteks mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu agama, peran penelitian sangatlah dominan. Sedangkan bagi kemaslahatan masyarakat bisa diterjemahkan sebagai tugas pengabdian masyarakat (PPM). Jadi muara dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tidak lain adalah masyarakat itu sendiri.

Print

Politik NU

Posted in Artikel

KH M.A. SAHAL MAHFUDH

Politik NU sebagai Siyasah 'Aliyah Samiyah

Sabtu, 07/09/2013 15:23 (www.nu.or.id, 30-9-2013)

 

Sebagaimana telah dimaklumi bersama, NU merupakan جمعيّة دينيّة إجتماعيّة (organisasi keagamaan yang bersifat sosial). Sebagai organisasi keagamaan Islam, tugas utama NU adalah menjaga, membentengi, mengembangkan dan melestarikan ajaran Islam menurut pemahaman أهل السّنّة والجماعة di bumi nusantara pada khususnya dan di seluruh bumi Allah pada umumnya.

Print

Ziarah kota Makkah

Posted in Artikel

ZIARAH KOTA MAKKAH

Oleh : KH. Hasan Nuri Hidayatullah

(Khodimul Ma’had Asshiddiqiyah 3, 4, dan 5 Karawang)

Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memanggil kita untuk datang ke kota suci Makkah dalam rangka menunaikan rukun Islam yang ke-5.

Sholawat dalam salam semoga senantiasa tercurahkan keharibaan junjungan kita nabi Besar Muhammad Shollallahu alaihi Wasallam. Nabi yang menjadi wasilah datangnya zaman yang terang benerang dengan sinar hidayah dan ilmu Allah Ta’ala.

Harapan kita semua mudah-mudahan kita semua masuk dalam golongan orang-orang yang mendapat syafaatnya di hari Qiyamat nanti Amin Ya Robbal Alamin.